Manfaat Air Minum pH Tinggi Bagi Metobolisme Tubuh Manusia

Manfaat Air Minum pH Tinggi Bagi Metobolisme Tubuh Manusia

Air Mineral pH 8 - Indikasi tingkat Asam atau Basa yang terkandung di dalam air, itulah yang dinamakan dengan pH. pH sendiri dinilai dengan satuan skala 0 - 14. Sehingga nilai pertengahan antara angka 0 - 14 adalah 7.  Dan jika air minun mempunyai pH dengan skala 7, maka air itu disebut netral. NETRAL artinya, air itu tidak bersifat Basa maupun bersifat Asam.

Air asam memiliki pH kurang dari 7 dan air basa pHnya lebih dari 7. Setiap angka ini menggambarkan perubahan derajat asam/basa sebesar 10-kali lipat. Jadi air dengan pH 5, sepuluh kali lipat lebih asam daripada air dengan pH 6.

Kadar pH air sangat dipengaruhi oleh kandungan kimia di dalamnya. Oleh karena itu, pH sering digunakan sebagai indikator apakah air tersebut mengalami perubahan kimiawi atau tidak. Air dengan pH yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, masing-masing memiliki efek samping.

Air yang sangat asam dapat menimbulkan korosi atau bahkan menghancurkan logam. Sedangkan air yang terlalu basa biasanya terasa pahit dan dapat menimbulkan endapan yang melapisi pipa dan alat perkakas.

Kadar pH air minum umumnya adalah 6 sampai 7. Namun ada juga air minum dengan tingkat pH yang lebih tinggi, yaitu 8 sampai 9. Air minum seperti ini disebut juga sebagai air alkali. Beberapa orang percaya bahwa air pH 8+ dapat menetralkan asam dalam tubuh. Contoh air alkali adalah air Zam-Zam.

Air pH 8+ hingga saat ini masih menjadi topik pembicaraan yang cukup kontroversial, karena penelitian yang ada sekarang dianggap oleh beberapa kalangan masih belum cukup untuk membuktikan berbagai klaim mengenai manfaat air pH 8+.

Namun, banyak pengalaman pribadi dan penelitian yang menunjukkan bahwa air pH 8+ dapat bermanfaat pada beberapa kondisi, antara lain:

1. Air pH 8+ dapat menurunkan asam lambung.

Sebuah studi di tahun 2012 mengungkapkan bahwa minum air alkali dengan pH sebesar 8,8 dapat membantu menonaktifkan pepsin (enzim utama penyebab refluks asam lambung) dan mengurangi tingkat keasaman isi lambung. Namun, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk membuktikan klaim tersebut pada manusia.

2. Air pH 8+ dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Beberapa teori mengatakan bahwa sel-sel kanker tumbuh paling baik dalam kondisi asam. Air pH 8+ dipercaya dapat membantu mengurangi kadar keasaman darah, sehingga bermanfaat untuk memperlambat atau menghentikan proses pertumbuhan sel-sel kanker.

3. Air pH 8+ bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk membuktikan teori ini. Sebuah penelitian pada tahun 2009 menunjukkan bahwa Air pH 8+ dengan kandungan bikarbonat dan kalsium yang tinggi dapat meningkatkan kekuatan tulang. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah efek ini berguna untuk jangka panjang dan apakah dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Selain itu, Air pH 8+ mampu meningkatkan metabolisme, membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih efektif, dan memperlambat proses penuaan.

Share this:

Disqus Comments